Besok, Partai Demokrat Bakal Serahkan Surat Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah Jabar, Jateng, dan Jakarta

| 26 Aug 2024 21:43
Besok, Partai Demokrat Bakal Serahkan Surat Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah Jabar, Jateng, dan Jakarta
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (ERA.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, partainya bakal menyerahkan surat rekomendasi terakhir untuk tiga calon kepala yang maju dalam Pilkada Serentak 2024 pada Rabu (27/8). Ketiganya, yakni calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jakarta.

"Yang pertama, besok akan saya serahkan Jabar, yang berikutnya Jateng dan terakhir Jakarta. Tiga (daerah) itu yang menjadi penutup dari seluruh rangkaian ini," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Adapun besok dimulainya tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah. AHY mengatakan, pemberian rekomendasi untuk calon di tiga provinsi itu dilakukan berbarengan dengan proses pendaftaran karena alasan ketiga daerah itu dinilai memiliki nilai politik yang tinggi.

"Oleh karena itu, pasti punya kompleksitas yang berbeda. Sampai dengan malam hari ini pun saya harus melakukan pertemuan-pertemuan untuk menyempurnakan keputusan yang akan, dan sudah kami ambil sebelumnya," jelas AHY.

Pertimbangan lainnya, sambung dia, tiga provinsi itu menjadi daerah terakhir yang diberikan rekomendasi lantaran konstelasi di wilayah masing-masing.

"Kalau kemudian last minute, karena konstelasi daerah bukan karena keputusan DPP. Ada perubahan, contoh ada beberapa yang tiba-tiba pasangannya nomor 2-nya berubah gitu, karena berbagai alasan," ungkap AHY.

"Nah, paling itu sifatnya emergency, tapi secara umum semua sudah kami ambil keputusan dan bahkan bisa dikatakan hampir semua sudah kami secara langsung, saya langsung sebagai ketua umum menyerahkan dan ini sudah sekian gelombang malam hari ini, kita akhiri hanya menyisakan tiga pemilihan gubernur," sambungnya menjelaskan.

Rekomendasi