Cabut Dukungan ke Andra Soni, Golkar Usung Airin-Ade Sumardi di Pilgub Banten

| 27 Aug 2024 11:45
Cabut Dukungan ke Andra Soni, Golkar Usung Airin-Ade Sumardi di Pilgub Banten
Partai Golkar resmi usung Airin Rachmi-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024. (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Partai Golkar resmi mendukung pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. 

Dukungan ini sekaligus mencabut dukungan Partai Golkar kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Banten.

Dukungan itu dengan memberikan formulir B1KWK ke Airin-Ade. Formulir B1 KWK itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum partai Golkar, Bahlil Lahadalia di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Selasa (27/8/2024).

"Dan saya pikir, Ibu Airin adalah rumah besar di Partai Golkar dan Ibu Airin adalah anak kandung daripada Partai Golkar. Sebagai ibu daripada anak yang melahirkan dan membesarkan, rasanya tidak pas kalau kemudian tidak diantarkan oleh ibu kandungnya untuk tidak berkompetisi," kata Bahlil.

Bahlil menjelaskan Airin adalah salah satu kader terbaik Golkar. Airin akan maju di Pilgub Banten dengan Ade yang merupakan politikus PDIP.

"Ini menunjukkan bahwa Golkar sangat terbuka, Golkar sangat inklusif. Tidak pernah membeda-bedakan siapa calon dari manapun," jelasnya.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) ini pun menyebut partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) diberikan kebebasan untuk menentukan dukungan terhadap pasangan calon (paslon) pada Pilkada 2024 oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Dan ini salah satu bentuk bukti nyata otentik bahwa memang kita boleh berbeda," tambahnya.

Sebelumnya, Golkar memberi sinyal batal mengusung Airin sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Banten 2024. Ketua Umum Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PP KPPG) disebut akan mendapat tugas lain.

Belakangan Airin tetap maju ke Pilgub Banten 2024 lewat PDI Perjuangan. Dia berduet dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi.

Rekomendasi