Daftar Pilgub Jabar Besok, Syaikhu-Ilham Masih Lobi Cari Koalisi

| 28 Aug 2024 14:15
Daftar Pilgub Jabar Besok, Syaikhu-Ilham Masih Lobi Cari Koalisi
Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie berziarah ke TMP Kalibata. (Era.id)

ERA.id - Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan putra presiden ketiga RI BJ Habibie, Ilham Habibie akan mendaftar sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur pada Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024 ke KPU Provinsi Jabar besok, Kamis (28/8/2024).

Pasangan Syaikhu-Ilham maju di Pilgub Jabar 2024 dengan mengantongi dukungan dari Partai NasDem dan PKS.

Insyallah nanti daftar besok hari, jadi kita akan daftar tanggal 29 Agustus," kata Ketua Bappilu NasDem Teritorial Jawa Barat Saan Mustopa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2024).

Saan mengatakan terdapat rangkaian acara terlebih dahulu sebelum ke KPU Jabar. Syaikhu dan Ilham akan dideklarasikan dulu di kediaman Habibie di Bandung, Jabar.

"Kita akan ada deklarasi bersama PKS, NasDem dengan Pak Ustaz Syaikhu dan Pak Ilham itu dirumahnya Pak Habibie yang di Bandung," ungkap Saan.

Sementara, Syaikhu menambahkan, PKS dan NasDem masih membuka komunikasi untuk melobi dukungan dari partai lainnya supaya ikut mendukung dirinya dan Ilham Habibie di Pilgub Jabar 2024.

Saat ini penantang Syaikhu dan Ilham di Pilgub Jabar yaitu pasangan Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan. Pasangan ini didukung partai-partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) diantaranya Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, dan PSI.

"Teman-teman dari NasDem dan teman-teman dari PKS nanti yang terus melobi, memastikan kebersamaan dengan partai yang lain," kata Syaikhu.

Adapun Syaikhu dan Ilham menyempatkan berziarah ke makam BJ Habibie di TMP Kalibata sebelum besok mendaftar ke KPU Jabar.

Dia mengatakan, ziarah ini sekaligus untuk menyerap semangat kepahlawanan dari para pendiri bangsa, dan tokoh-tokoh nasional termasuk Habibie.

"Supaya kita termotivasi untuk lebih semangat melanjutkan perjuangan apa yang diinginkan oleh para pahlawan yang belum tertuntaskan dan kita mendapatkan juga inspirasi, motivasi, perjuangan-perjuangan luar biasa dari mereka-mereka," kata Syaikhu.

Rekomendasi