Maju Pilgub Jatim, Risma Akan Undur Diri Jabatan Mensos dan Menghadap ke Jokowi Besok

| 29 Aug 2024 18:41
Maju Pilgub Jatim, Risma Akan Undur Diri Jabatan Mensos dan Menghadap ke Jokowi Besok
Tri Rismaharini saat berziarah ke makam Mbah Bungkul, di Surabaya. (ERA.id/Puan)

ERA.id - Tri Rismaharini alias Risma menyebut dirinya akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial (Mensos) setelah mendaftarkan diri maju sebagai Bakal Calon Gubernur di Pilgub Jawa Timur.

Risma mengaku akan menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyerahkan pengunduran dirinya dari kabinet menteri Jokowi, pada Jumat (30/8/2024) besok.

“Besok saya insyallah kalau bisa minta waktu pak presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma, usai berziarah ke makam Mbah Bungkul, di Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Meski menurutnya tak ada ketentuan yang mengatur menteri harus mundur dari jabatannya meski berkontestasi di Pilkada. Namun, Risma akan melakukan undur dirinya tersebut sebagai Menteri.

“Tapi emang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak,” ucapnya.

Nantinya, Risma akan bertemu Jokowi untuk menyampaikan langsung niat pengunduran dirinya. Sebab, sebelum dia ditunjuk sebagai Mensos dulu, ia juga lebih dulu berjumpa dengan kepala negara.

“Tapi saya besok akan menghadap beliaunya karena dulu saya jadi menteri juga dipanggil, saya juga akan menghadap beliaunya untuk menyerahkan pengunduran diri saya,” ucapnya.

Sekedar diketahui, pasangan calon Risma-Gus Hans yang diusung PDIP, Hanura dan Partai Ummat ini akan mendaftarkan diri ke KPU Jatim, Kamis (29/8) malam nanti. Begitu juga pasangan yang diusung PKB, Luluk-Lukman.

Sementara paslon petahana Khofifah-Emil sudah resmi mendaftar sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di KPU Jatim, Rabu (28/8/2024) kemarin. 

Rekomendasi