Imam Besar Masjid Istiqlal Pamerkan Trowongan Silaturahmi ke Paus Fransiskus

| 05 Sep 2024 09:56
Imam Besar Masjid Istiqlal Pamerkan Trowongan Silaturahmi ke Paus Fransiskus
Paus Fransiskus bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar melihat Trowongan Silaturami. (ERA.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Paus Fransiskus menemui Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar pada lawatan hati ketiganya di Indonesia, Kamis (5/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Nasarudin mengajak Paus Fransiskus melihat Trowongan Silaturahmi, yang menghubungkan Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal.

"Trowongan ini dibangun tahun lalu oleh pemerintah Indonesia, Presiden Joko Widodo, dan fungsinya adalah menghubungkan dua rumah ibadah yang sangat fungsional. Karena itu, kami mohon yang mulia untuk menjadi saksi akan fungsi trowongan," kata Nasarudin.

Dia lantas memamerkan, Trowongan Silaturahmi terdiri dari dua level tempat parkir yang bisa menampung seribu mobil dan bisa dimanfaatkan oleh umat dari dua rumah ibadah.

"Di dalam trowongan ini ada pemandangan yang sangat indah, yang melambangkan simbol silaturahim, kerja sama yang sangat bagus antara umat bergama, dan trowongan ini bisa digunakan untuk meeting antar umat beragama," kata Nasarudin.

Dia mengharapkan, keberadaan Trowongan Silaturahmi tidak hanya menjadi jembatan persabahatan antara umat Katolik dan Islam saja, tetapi juga simbol persatuan antar umat beragama dan antar umat manusia.

"Sama harapan kami dengan yang mulia, semoga dengan ada trowongan silaturahmi iji menjadi jembatan persaudaraan, bukan saja katolik dan islam tapi antar umat beragama, dan antar umat manusia," pungkasnya.

Rekomendasi