Jokowi Naik Innova Zenix Usai Kunjungan Paus Frasiskus, Istana: Kan Biasa

| 05 Sep 2024 13:25
Jokowi Naik Innova Zenix Usai Kunjungan Paus Frasiskus, Istana: Kan Biasa
Presiden Joko Widodo mobil Toyota Zenix berkelir hitam dengan pelat RI 1. (Istimewa)

ERA.id - Presiden Joko Widodo kedapatan menumpangi mobil Toyota Zenix berkelir hitam dengan pelat RI 1, tak lama setelah menerima kunjungan Paus Fransiskus di Istana Negara pada Rabu (4/9).

Diketahui, Paus Fransiskus menola fasilitas mewah selama kunjungannya ke Indonesia. Pemimpin tertinggi gereja Katolik itu memilih menggunakan mobil Toyota Zenix berwarna putih dalam lawatannya.

Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, pergantian kendaraan ini lazim dilakukan Presiden Jokowi. “Bukan kah Bapak Presiden juga terbiasa menggunakan kendaraan Innova, utamanya pada saat kegiatan incognito,” tegasnya.

“Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova,” sambung dia.

Sementara itu, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Achiruddin memastikan tak ada masalah meski Jokowi pakai Toyota Zenix. Pengamanan juga dipastikan terus diperkuat.

“Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap presiden berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah dan menepatkan pasukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan presiden,” tegasnya.

“Secara SOP akan kami laksanakan pengamanan terhadap presiden secara maksimal dan berlapis serta dengan perhitungan yang matang. Serta kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi,” pungkas Achiruddin.

Rekomendasi