Survei Charta: Elektabilitas RK-Suswono Masih Unggul di Pilgub Jakarta 2024

| 03 Oct 2024 21:35
Survei Charta: Elektabilitas RK-Suswono Masih Unggul di Pilgub Jakarta 2024
Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Hasil survei terbaru yang dirilis oleh Charta Politika Indonesia mencatatkan pasangan calon (paslon) cagub-cawagub Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) masih memiliki elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menyampaikan bahwa sejauh ini Ridwan Kamil-Suswono masih unggul dibandingkan dua paslon lainnya, yakni Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Hal ini dia sampaikan melalui rilis survei dengan tajuk Mengukur Jagoan Elektoral di Pilkada Jakarta yang disiarkan secara daring, Kamis (3/10/2024).

”Kalau kita lihat Kang Emil-Suswono masih memimpin dengan 48,3 persen,” kata Yunarto.

Sementara pasangan Pramono Anung-Rano Karno berada di posisi kedua dengan elektabilitas 36,5 persen dan posisi ketiga Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan hasil 5,6 persen.

Yunarto mengatakan, meski gap elektabilitas ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta itu cukup besar, persaingan masih cukup ketat. Khususnya antara pasangan RIDO dengan Pramono Anung-Rano Karno.

Menurut dia, kedua pasangan peserta pilkada di Jakarta tersebut punya peluang untuk mendapatkan elektabilitas dengan angka yang memenuhi syarat menjadi pemenang dalam satu putaran, yakni 50 persen plus satu.

"Masih ada waktu bagi seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta untuk meyakinkan publik, khususnya pemilih di Jakarta," ujar dia.

Hasil sigi tersebut selaras dengan dua lembaga survei kenamaan lain yang sudah lebih dulu merilis hasil survei Pilkada Jakarta. Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Rabu (18/9) mengungkap, hasil survei yang mereka lakukan menunjukkan pasangan RIDO berada di peringkat teratas dengan persentase elektabilitas mencapai 51,8 persen.

Kemudian, Poltracking Indonesia pada Jumat (27/9) lalu mempublikasi hasil survei yang mereka lakukan terhadap 1.200 pemilik suara di Jakarta. Hasilnya elektabilitas pasangan RIDO mencapai angka 47,5 persen. Unggul jauh dibandingkan dengan Pramono Anung-Rano Karno dengan persentase elektabilitas 31,5 persen. Angka itu juga selisih tebal dibandingkan elektabilitas Dharma Pongrekun-Kun Wardana pada 5,1 persen.

Adapun survei Charta Politik melibatkan suara dari 1.200 responden yang dipastikan memiliki hak pilih dalam pilkada Jakarta tahun ini. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Angka margin of error dari survei tersebut berada pada kisaran 2,83. Charta Politika memastikan bahwa ribuan responden dalam survei tersebut berasal dari enam wilayah administrasi di Jakarta, baik Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, maupun Kepulauan Seribu.

Rekomendasi