Ketua MPR Pastikan Anies dan Ganjar Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

| 16 Oct 2024 13:20
Ketua MPR Pastikan Anies dan Ganjar Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran
Ketua MPR Ahmad Muzani. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dipastikan akan menghadiri pengucapan sumpah dan janji jabatan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dia mengaku sudah menghubungi kedua tokoh yang sempat menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 lalu itu.

"Pak Anies, Mas Ganjar alhamdulillah insyaallah hadir, saya sudah berkontak tadi malam, Mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, Mas Anies juga menyampaikan kehadirannya," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Namun, dia mengaku belum bisa menghubungi Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Adapun kedua tokoh itu pada Pilpres 2024 mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

"Saya belum bisa kontak, demikian juga Mas Muhaimin. Tapi Mas Ganjar dan Mas Anies kami sudah berkontak alhamdulillah," kata Muzani.

Pimpinan MPR dijadwalkan akan menemui presiden dan wakil presiden terdahulu untuk menyerahkan langsung undangan sumpah dan janji jabatan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Diketahui, pengucapan sumpah dan janji jabatan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10).

Sebelumnya, Muzani menegaskan, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tetap menggunakan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), seperti pada periode sebelumnya. Tidak ditambah dengan Ketetapan (TAP) MPR.

"Pelantikan besok akan menggunakan seperti tradisi yang sudah berjalan yakni kita akan mendengarkan keputusan dari Komisi Pemilihan Umum, setelah itu pelantikan presiden," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Seteleh Keputusan KPU dibacakan, presiden terpilih akan mengucapkan sumpah dan janji jabatan di hadapan pimpinan MPR.

"Nanti presiden akan mengucapkan sumpah janji seperti dalam Pasal 9 UUD 1945 dihadapan ketua dan para pimpinan MPR," kata Muzani.

Rekomendasi