Jelang Debat Kedua Pilgub Jakarta 2024, Pramono: Terus Terang Saya Ingin Diserang

| 27 Oct 2024 18:30
Jelang Debat Kedua Pilgub Jakarta 2024, Pramono: Terus Terang Saya Ingin Diserang
Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung saat menyapa warga Jakarta. (Istimewa)

ERA.id - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mengaku ingin diserang oleh lawannya saat debat kedua Pilgub Jakarta 2024, malam nanti. Dia mengaku lebih senang jika mendapat serangan.

"Saya terus terang ingin diserang, jadi kalau saya diserang dengan gembira hati," kata Pramono di kediamannya, Jakarta, Minggu (27/10/2024).

Alasannya, dia cukup percaya diri mampu menjawab serangan dari lawan. Apalagi, dia mengaku sudah membekali diri dengan berbagai data-data pendukung sesuai dengan tema debat.

Urusan mengumpulkan data-data, kata politisi PDI Perjuangan itu, merupakan pekerjaannya selama 10 tahun saat menjabat sebagai Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab).

"Karena urusan data dan sebagainya, mungkin karena 10 tahun saya mengerjakan ini, jadi saya mungkin lebih siap untuk itu," kata Pramono.

Selain itu, dia juga sudah siap jika mendapat serangan yang di luar ekspektasinya. Justru hal itu yang paling ditunggunya.

"Saya malah ingin diserang, termasuk dalam berbagai aspek yang mungkin di luar dugaan saya yang mungkin saya enggak tahu, enggak apa-apa juga," kata Pramono.

Soal anggapan debat Pilgub Jakarta 2024 tak seseru saat Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu, menurut Pramono, hal itu bukan lah esensi dari panggung debat.

Dia mengatakan, debat Pilguh Jakarta 2024 tak perlu dibanding-bandingan dengan debat di periode sebelumnya. Baginya yang terpenting justru menghadirkan suasana riang gembira tanpa polarisasi lewat forum adu gagasan ini.

"Yang jelas, saya pribadi mau seru atau enggak seru, ukurannya bukan di situ. Tetapi yang pasti saya ingin debat tetap harus riang gembira, berbeda juga enggak apa-apa, enggak perlu kemudian seperti yang periode lalu ada polarisasi baru," kata Pramono.

Lebih lanjut, Pramono mengaku tak banyak melalukan persiapan untuk menghadapi debat malam ini. Sebab dia merasa, lawan terberat adalah diri sendiri.

"Saya jujur ya, dalam debat ini tidak mempersiapkan terlalu berlebihan, karena saua nilai bahwa lawa debat saya ini diri saya sendiri," kata Pramono.

Meski begitu, dia bersama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 3, Rano Karno alias si Doel, sudah mempersiapkan diri.

Mereka percaya diri mampu menyampaikan gagasan program-program kerjanya kepada masyarakat.

"Yang jelas saya dan Bang Doel sudah mempersiapkan diri, dan kaim yakin dari berbagai belanja masalah yang selama ini kami lakukan di lapangan itulah yang menjadi modal dasar dan juga kekuatan kami berdua untuk menyampaikan kepada masyarakat dan warga Jakarta," kata Pramono.

Sebagai informasi, debat kedua Pilgub Jakarta 2024 akan digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta pada Minggu (27/10) malam.

Tema debat malam ini adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial. Selain itu ada enam subtema yang akan diangkat dalam forum debat malam ini.

Antara lain yaitu, Infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan, penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta inflasi bahan pokok. 

Rekomendasi