Jasa Marga Catat Sekitar 134 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

| 02 Aug 2020 18:34
Jasa Marga Catat Sekitar 134 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta
Jalan tol (Dok. Jasamarga)

ERA.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 134.136 kendaraan menuju Jakarta pada Sabtu (01/08/2020). Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Dwimawan Heru menjelaskan angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier /utama.

Diantaranya yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah Timur). Total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 14.6 persen dibandingkan dengan lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," kata Dwimawan pada wartawan, Minggu (2/8/2020).

Ia meminta agar masyarakat memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak saat berada di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area

"Mengisi saldo uang elektronik yang cukup, mengisi BBM kendaraan, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas, beristirahat di rest area jika lelah berkendara serta menggunakan rest area berikutnya bila rest area yang dituju padat," katanya.

Ia mengimbau pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada hari Minggu (02/08) agar terhindar dari kepadatan. 

Rincian distribusi lalin sebagai berikut:

ARAH TIMUR

Lalin menuju Jakarta dari arah Timur adalah: 

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 33.539 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 21,6 persen.

- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 31.939 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 19,9 persen dari lalin normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 65.478 kendaraan, naik sebesar 20,7 persen dari lalin normal.

ARAH BARAT

Lalin menuju Jakarta dari arah Barat adalah sebesar 35.893 kendaraan, naik sebesar 0,4 persen dari lalin normal.

ARAH SELATAN

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/lokal sebanyak 32.765 kendaraan, naik sebesar 21,0 persen dari lalin normal.

Rekomendasi