Aura Berbeda Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD di Tengah Pandemi COVID-19

| 14 Aug 2020 10:13
Aura Berbeda Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD di Tengah Pandemi COVID-19
Preesiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin bersama pimpinan DPR (Dok. Istimewa)

ERA.id - Sidang Tahunan MPR RI 2020 digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini sidang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat akibat adanya pandemi global COVID-19 dan tidak dihadiri oleh banyak anggota parlemen.

Rapat dibuka oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Saat membuka rapat, dia mengatakan tak semua anggota hadir dalam rapat ini. 

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan secara general, sampai saat ini telah 161 anggota, dan kehadiran virtual 264 anggota," kata Bambang Soesatyo.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo nampak hadir secara fisik dengan menggenakan pakaian adat Sabu asal Nusa Tenggara Timur. Hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dok. Istimewa

Selain itu sejumlah menteri koordinator juga hadir secara fisik. Mereka diantaranya adalah Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendi, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartato. Hadir pula Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subinato dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Namun hanya Jokowi saja yang mengenakan baju adat. Peserta rapat hanya mengenakan jas biasa. Namun sesuai dengan protokol kesehatan, semua peserta rapat termasuk juga Jokowi, datang dengan menggunakan masker.

Jokowi dijadwalkan akan menyampaikan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Selain itu, Jokowi juga akan menyampaikan Nota Keuangan dan Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 pada pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Rekomendasi