Liburan Panjang Ini PT KAI Tambah Kereta Jarak Jauh

| 16 Aug 2020 13:22
Liburan Panjang Ini PT KAI Tambah Kereta Jarak Jauh
Stasiun Pasar Senen (Era.id)

ERA.id - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI  sekaligus libur panjang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan 13 kereta api tambahan dari Jakarta ke beberapa kota yang mulai beroperasi sejak akhir pekan ini, hingga akhir bulan Agustus 2020.

"Terdapat 13 KA tambahan yang akan dioperasikan PT KAI Daop 1 Jakarta dengan berbagai tujuan, antara lain Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Cilacap, Yogyakarta, Surabaya dan Malang mulai akhir pekan ini hingga 31 Agustus 2020," ujar Kepala Humas PT KAI Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis, Minggu (16/8/2020).

Eva menjelaskan ada 8 kereta api yang akan berangkat dari Stasiun Gambir yaitu KA Argo Cheribon tujuan Gambir-Tegal, KA Taksaka tujuan Gambir-Yogyakarta, KA Mutiara Selatan tujuan Gambir-Bandung-Malang, KA Purwojaya tujuan Gambir-Cilacap, KA Argo Cheribon tujuan Gambir- Cirebon, KA Argo Wilis tujuan Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng, dan KA Argo Muria tujuan Gambir-Semarang.

Sedangkan ada 5 kereta api yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, yaitu KA Brantas tujuan Malang, KA Jayabaya tujuan Surabaya Pasar Turi-Malang, KA Senja Utama Yogya tujuan Yogyakarta, KA Progro tujuan Yogyakarta Lempuyangan, dan KA Malabar tujuan Bandung-Malang.

"Dengan bertambahnya perjalanan KA tersebut, maka total terdapat 28 KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta pada bulan Agustus 2020, yaitu 15 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 13 KA keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen," papar Eva.

Dikarenakan adanya pandemi COVID-19, Eva mengingatkan PT KAI menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga, penumpang harus menyertakan hasil swab atau rapid test minmal 14 hari setelah tes sebelum melakukan perjalanan dengan kereta api.

Terdapat pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal. Penumpang wajib menggunakan masker, face shiled, dan taat mengikuti protokol kesehatan.

Sedangkan untuk pemesanan tiket KA hanya dapat dilakukan melalui sistem online dan baru dapat dipesan paling cepat 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Sedangkan loket stasiun hanya melayani tiket go show yang dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Tags : kereta api
Rekomendasi