Ahok Tidak Dicopot Erick Thohir karena Cina, Faktanya

Tim Editor

Ahok (Setkab)

ERA.id - Benarkah Ahok tidak dicopot Erick Thohir dari Pertamina karena ada kesepakatan dengan Cina? Hal itu jadi pertanyaan setelah beredar tangkapan layar di Facebook yang disebarkan oleh Cecep Rudiana di grup KAMI dari judul sebuah berita.

Dari unggahan Cecep Rudiana, dalam tangkapan layar sebuah berita itu ditulis judul bawah Ahok takkan dicopot karena Erick Thohir punya kepentingan dengan Cina. Faktanya, itu tidak benar.

Judul berita tersebut yakni “Ahox Tidak Akan Dicopot, Erik Tohir : Kami Punya Kepentingan Dengan Cina, Mohon Dipahami" dan disebar pada tanggal penayangan 27 Agustus 2020.

Dari penelusuran Turn Back Hoax, tangkapan layar yang berisi sentimen dengan Ahok, Cina, Erick Thohir tersebut, sudah dimanipulasi dari artikel idtoday.co yang tayang pada 27 Agustus 2020.

Artikel tersebut aslinya berjudul “Ahok Tidak Akan Dicopot, Erick Thohir: Kerugian Pertamina Masih Lebih Baik Dibanding Perusahaan Lain.”

Adapun, diketahui pula bahwa artikel itu merupakan hasil lansiran dari rmol.id dengan judul yang sama dan tayang pada tanggal 27 Agustus 2020.

Hoaks!

 

Tag: ahok pertamina cek fakta

Bagikan: