Gubernur Anies Dapat Penghargaan Provinsi dengan Jumlah COVID-19 Tertinggi, Faktanya

Tim Editor

Anies Baswedan (Dok. Antara)

ERA.id - Akun Facebook Sam Budi mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mendapatkan Penghargaan Provinsi Jumlah COVID-19 Tertinggi. Foto tersebut disandingkan dengan tautan berita CNBC berjudul "Hari Ini Rekor Tertinggi Kedua Kasus Corona di DKI Pecah Lagi".

Dalam unggahan tersebut akun itu juga menuliskan status "Prestasi yg di banggakan oleh pengikutnya 🤣".

Setelah ditelusuri, mengutip laman turnbachoax.id, foto Anies memegang piagam pnghargaan merupakan momen saat menerima penghargaan untuk kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada 22 November 2019.

Lalu foto yang dijadikan sampul pada pada artikel CNBC Indonesia juga bukan foto Gubernur Anies. Tapi foto lain dengan keterangan "Foto: Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta Barat melakukan sensus penduduk secara langsung ke permukiman warga di Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)."

Berdasarkan penelusuran di atas, foto tersebut merupakan hasil suntingan. Karena itu, unggahan akun Facebook tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. 

 

 

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/09/10/salah-foto-gubernur-anies-memegang-piagam-bertuliskan-penghargaan-provinsi-jumlah-covid-19-tertinggi/

Tag: pemprov dki jakarta anies baswedan covid-19 di indonesia pandemi COVID-19

Bagikan: