Semua Lampu RSD Wisma Atlet Nyala Tanda Penuh Pasien COVID-19, Faktanya

| 11 Sep 2020 09:18
Semua Lampu RSD Wisma Atlet Nyala Tanda Penuh Pasien COVID-19, Faktanya
RSD Wisma Atlet (Dok. Istimewa)

ERA.id - Akun Facebook Sihong Hong mengunggah gambar yang menunjukkan semua lampu Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet menyala. Di bawah gambar tersebut juga dituliskan "RS Wisma Atlet lampu Kamar nyala semua….kurangi keluar rumah kalau ngga penting banget……mencekaam….". Lalu pada status unggahan tersebut juga dituliskan "WASPADA LAH Petanda Fuul pasien Corona".

(RSD Wisma Atlet Kemayoran/ Dok. Turnbackhoax.id)

Setelah ditelusuri, klaim RSD Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat penuh dengan pasien COVID-19 karena semua lampu menyala merupakan klaim yang salah. Mengutip laman turnbackhoax.id, Koordinator RSD Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Stefanus Dony menjelaskan semua lampu yang menyala bukan menandakan semua tower terisi penuh pasien COVID-19. Tapi semua lampu dinyalakan menjadi bentuk kesiapan Wisma Atlet.

Ia melanjutkan lampu yang dinyalakan sebagai langkah perawatan sistem kelistrikan gedung. Hingga kini daya tampung RSD Wisma Atlet juga masih memadai untuk pasien COVID-19.

(RSD Wisma Atlet Kemayoran/ Dok. Turnbackhoax.id)

"Ya memang nyala malam itu. Kita nyalakan untuk memberi suasana terang, ini kan rumah sakit, kalau gelap kan orang kesannya mengerikan. Ini memberi rasa tenang kepada mereka (pasien), tujuannya untuk itu. Bukan berarti penuh, jadi memang nyala hanya sekitar 60% yang saya sampaikan tadi 60 persen yang dihuni," ujar Lalu Stefanus Kamis (10/9/2020).

Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menjelaskan Tower 7 RSD Wisma Atlet ditujukan untuk pasien COVID-19. Lalu Tower 6 untuk observasi. Dalam satu tower berdaya tampung 2.500 orang. Adapun pasien yang dirawat saat ini berjumlah 1.637 pasien. 

"Untuk satu tower itu kan bisa lebih-kurang 2.500 orang sampai saat ini masih nampung," kata Aris.

Sejak dibuka pada 23 Maret 2020 lalu hingga sekarang, RSD Wisma Atlet telah merawat 14.265 pasien terkait COVID-19. Dari jumlah tersebut, 12.128 orang telah dinyatakan sembuh, 270 dirujuk ke RS lain, dan pasien yang meninggal sebanyak 5 orang.

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/09/11/salah-rs-wisma-atlet-lampu-kamar-menyala-semua-petanda-fuul-pasien-corona/

Rekomendasi