Bendungan Katulampa Bogor Siaga 1, Masyarakat Harus Waspada

| 21 Sep 2020 21:04
Bendungan Katulampa Bogor Siaga 1, Masyarakat Harus Waspada
Bendungan Katulampa (Dok. BNPB)

ERA.id - Saat ini terjadi peningkatan ketinggian muka air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, setelah hujan deras mengguyur sebagian wilayah Bogor sejak Senin (21/9/2020). 

Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, pada pukul 18:18 WIB Tinggi Muka Air (TMA) Bendung Ciliwung-Katulampa mencapai 250 sentimeter dan berstatus siaga 1.

"Kenaikan TMA dari level siaga empat menjadi siaga satu, terjadi dalam kurun waktu kurang lebih satu jam saja. Hal itu dipicu oleh tingginya intensitas hujan di sebagian besar wilayah Bogor," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Karenanya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat untuk mengantisipasi adanya potensi bencana. Raditya juga mengimbau agar waspada dan tidak mudah terpengaruh oleh informasi-informasi salah terkait hal tersebut.

Sebagai informasi, BPBD Kota Bogor juga melaporkan adanya 13 kelurahan yang berada di bantaran Sungai Ciluwung. Adapun keseluruhan wilayah kelurahan tersebut adalah Sindangrasa, Tajur, Katulampa, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Tanah Sareal, Bantarjati, Cibuluh, Kedung Badak, Sukaresmi dan Kedung Halang.

Tags : banjir
Rekomendasi