Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik Dunia, Faktanya

| 22 Sep 2020 18:43
Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik Dunia, Faktanya
Anies Baswedan (Era.id)

ERA.id - Beredar unggahan dari akun Facebook Ambar Yunianto yang bilang bahwa Anies Baswedan dinobatkan menjadi gubernur terbaik dunia. Postingannya bahkan disebarkan kembali sekitar 60 kali dan disukai sebanyak 440 kali.

Begini isi narasi unggahannya, “DR. Anies Rasyid Baswedan dinobarkan menjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figure pemimpin terbaik di Indonesia.”

Apakah info itu benar? Tidak. Itu hoax. Setelah Cek Fakta menelusurinya, foto tersebut mengarah ke sebuah postingan dari akun Twitter ACI Medellin. Ternyata foto tersebut diambil pada acara The 2019 World Cities Summit and Mayors Forum (WCSMF) yang diadakan di Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019.

Dalam acara itu, Anies Baswedan turut hadir sebagai tamu undangan bersama sejumlah wali kota dari beberapa negara.

Selain Anies Baswedian sebagai salah satu dari pembicara dari forum tersebut, juga hadir beberapa wali kota daerah seperti Walikota Jambi Syarif Fasha dan Walikota Bontang Neni Moerniaeni.

Pada acara tersebut juga disebutkan bahwa ada sekitar 54 walikota dan pemimpin daerah yang diundang ke Medellin. Tidak ada proses penobatan Anies Baswedan sebagai gubernur terbaik dunia.

Tags : cek fakta
Rekomendasi