Di Sidang PBB, Indonesia Nyatakan Dukungan Kemerdekaan Palestina

| 23 Sep 2020 09:15
Di Sidang PBB, Indonesia Nyatakan Dukungan Kemerdekaan Palestina
Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menyatakan dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (23/9/2020).

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya," ujar Jokowi dalam pidato perdananya di PBB yang ditayangkan secara virual

Presiden Jokowi mengatakan, saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 yang menghasilkan Dasasila Bandung, Presiden Soekarno selalu menekankan tentang persamaan derajat antar negara-negara.Menurutnya, Indonesia akan terus memegang prisip itu dan memainkan peran sebagai "bridge builder", sebagai bagian dari solusi.

"Secara konsisten komitmen ini terus dijalani Indonesia, termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB. Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak, tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind," tegasnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyinggung soal komitmen negara-negara ASEAN dalam menjaga perdamaian. Dia menyebut, Indonesia akan menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai dan sejahtera.

"Di kawasan kami sendiri, bersama negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera," katanya.

Dia menambahkan, pada hari jadi yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Semangat kerja sama itu juga dibawa Indonesia ke kawasan Asia-Pasifik.

"Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas kawasan Indo Pasifik melalui ASEAN Outlook on the Indo Pasific," pungkasnya.

Rekomendasi