Jokowi Berencana Jadikan Sumut Provinsi Percontohan Lumbung Pangan

Tim Editor

Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Sumatera Utara untuk meninjau proyek food estate atau lumbung pangan di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa (27/10/2020). Dari hasil tinjauannya, Jokowi menyebut hasil proyek tersebut baru bisa terlihat dalam kurun waktu dua bulan.

"Insya Allah nanti sudah dimulai, akan kita lihat hasilnya kira-kira nanti dua bulan sampai 2,5 bulan. Akan kita lihat nanti," kata Jokowi dalam keterangannya.

Dia mengatakan, ada 60.000 hektare lahan di Sumut yang siap dibangun untuk food estate. Sementara yang akan digunakan baru seluas 30.000 hektare yang tersebar di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Pakpak Barat.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, lahan food estate yang ada di Sumut lebih difokuskan untuk tanaman hortikultura seperti kentang, bawang merah, dan bawang putih. Sementara lahan food estate yang berada di Kalimantan Tengah akan lebih banyak ditanami padi dan singkong.

"Saya rasa kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa, hitung-hitungannya sudah ada ini akan jadi contoh untuk provinsi lain yang ingin membuat food estate," papar Jokowi

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Selain meninjau lahan food estate, Jokowi juga dijadwalkan akan membagikan serifikat tanah di Stadion Simangaronsong.

Tag: jokowi food estate

Bagikan: