Integrasi dengan Tol Jagorawi, Gerbang Tol Cimanggis-Cibitung Beroperasi Besok

| 09 Nov 2020 16:40
Integrasi dengan Tol Jagorawi, Gerbang Tol Cimanggis-Cibitung Beroperasi Besok
Tol Cimanggis-Cibitung (Dok. Jasa Marga)

ERA.idMarketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 yang merupakan akses masuk dan keluar dari Jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan sebaliknya akan segera beroperasi. Tepatnya pada tanggal 10 November 2020 pukul 14.00 WIB. 

"Pengoperasian kedua gerbang tol ini terkait mulai beroperasinya Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Segmen Junction Cimanggis–Jatikarya sepanjang 2,75 km," kata Irra dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Ia menjelaskan GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya, Cibubur, Transyogi menuju Jakarta. Sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya, Cibubur, Transyogi. 

"Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal atau menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya, yang berpotensi menumbuhkan bangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi, dengan dioperasikannya akses baru Cimanggis – Cibitung," katanya.  

Irra menjelaskan GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk. Sedangkan GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk. 

"Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik," katanya.

Ia memastikan tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5. Pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Golongan I Rp7.000, Golongan II dan Golongan III Rp11.500, Golongan IV dan Gol V Rp16.000. 

"Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif atau gratis pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut," katanya.

Rekomendasi