Liang Lahat untuk Jenazah COVID-19 di TPU Pondok Rangon Sisa 30, Itu pun Blok Nonmuslim

| 02 Dec 2020 19:30
Liang Lahat untuk Jenazah COVID-19 di TPU Pondok Rangon Sisa 30, Itu pun Blok Nonmuslim
Suasana TPU Pondok Rangon. (Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung mengatakan tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon menyisakan 30 liang lahat di blok nonmuslim untuk jenazah COVID-19. 

"Sekarang sisa 30 petak lahan makam non muslim di Pondok Ranggon," katanya di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (2/12/2020).

Christian mengatakan Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta sebelumnya telah membuka lahan baru sebanyak tiga blok untuk jenazah COVID-19 sejak Senin (28/9).

Lahan baru seluas 4.000 meter persegi itu berada satu area dengan blok pemakaman yang sudah ada sebelumnya. Lahan baru tersebut telah  menampung hingga 1.000 jasad pasien COVID-19.

Suasana TPU Pondok Rangon. (Iqbal/ERA.id)

"Kita sudah habis (lahan). (Lahan makam jenazah) COVID-19 (untuk jenazah) muslim sudah enggak ada. Tinggal nonmuslim," katanya.

Solusi bagi jenazah muslim yang diterapkan saat ini, kata Christian, adalah mekanisme 'makam tumpang' atau beberapa jasad dikubur dalam satu liang lahat.

"Yang kita terima itu makam tumpang. Kalau makam tumpang, silakan. Kalau keluarganya ada yang mau makam tumpang," katanya.

Sedangkan untuk liang lahat jenazah nonmuslim hingga saat ini masih tersisa sekitar 30 petak lebih.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan kasus COVID-19 di wilayah setempat meningkat selama dua pekan terakhir, meskipun tidak drastis.

"Penularan kasus di Jakarta mulai sedikit meningkat dalam dua pekan terakhir setelah melambat di pekan-pekan sebelumnya," tutur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Peningkatan tersebut bisa terlihat dari akumulasi kasus konfirmasi positif DKI Jakarta setiap dua pekan. Terjadi kenaikan sebesar 11,62 persen selama periode 7-11 November.

Rekomendasi