Setelah Prabowo Jadi Menhan, Giliran Sandiaga Uno Ditunjuk Jokowi Jadi Menparekraf

| 22 Dec 2020 15:57
Setelah Prabowo Jadi Menhan, Giliran Sandiaga Uno Ditunjuk Jokowi Jadi Menparekraf
Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). (Foto: Istimewa)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Salah satu nama baru yang dipilih Jokowi adalah Sandiaga Uno untuk menggantikan posisi Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Saya ingin mengenalkan. Tapi saya kira kita semua sudah tahu yaitu Bapak Sandiaga Salahudin Uno. Beliau dulu Wagub DKI Jakarta, Ketua Hipmi, dan saat ini beliau akan kita berikan taggung jawab memimpin Kemenparekraf," kata Jokowi dalam keterangan pers di Beranda Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12/2020)

Sebelumnya, pasangan Sandiaga di Pilpres 2019 yakni Prabowo Subianto sudah terlebih dahulu ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) oleh Jokowi. 

Prabowo masuk dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 disampaikan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019. Bersama Ma'ruf Amin, Jokowi juga mengumumkan 38 nama menteri dan setingkat menteri di kabinet pemerintahan periode keduanya.

Sebelumnya, juru bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian tak membenarkan maupun membantah desas-desus terkait penunjukkan Sandiaga sebagai menteri. Dia hanya mengatakan siapa pun yang yang duduk di posisi ini haruslah orang yang tepat karena sektor ini terpukul akibat pandemi COVID-19.

"Siapa pun itu yang mengisi pos parekraf (Periwisata dan Ekonomi Kreatif) tentu harus orang yang tepat," ujar Kawendra saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

Kawendra mengatakan siapa pun yang menempati kursi Menparekraf harus mampu bekerja keras mendorong ekonomi kreatif dalam negeri. Apalagi Indonesia telah berhasil menginisiasi penetapan 2021 sebagai Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kawendra kembali menegaskan, soal munculnya nama Sandiaga sebagai Menparekraf merupakan hak prerogatif untuk memilih nama terbaik dan mampu. "Biarkan Pak Presiden menggunakan hak prerogatifnya untuk memilih putra-putri terbaik negeri ini untuk menempati posisi yang tepat," ungkapnya.

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin mengumumkan reshuffle alias perombakan Kabinet Indonesia Maju. Berikut menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju:

1. Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi dana bansos.

2. Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio

3. Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan yang baru menggantikan Terawan Agus Putranto.

4. M Lutfi ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan yang menggantikan Agus Suparmanto

5. Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi

6. Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang juga telah ditangkap KPK.

Rekomendasi