Jadi Menkes, Budi Gunadi Sadikin Janji Bangun Sistem Layanan Kesehatan

| 22 Dec 2020 23:26
Jadi Menkes, Budi Gunadi Sadikin Janji Bangun Sistem Layanan Kesehatan
Budi Gunadi Sadikin (BPMI)

ERA.id - Menggantikan Terawan Agus Putranto di kursi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin akan membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat untuk menghadapi COVID-19. Dia mengaku, Presiden Joko Widodo memang menugaskannya untuk mengatasi wabah virus korona.

"Kami ditugasi salah satunya untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus COVID-19," ujar Budi dalam konfrensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Untuk membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dalam menghadapi COVID-19, kata Budi, salah satu caranya dengan bekerja sama dengan seluruh pihak dan kementerian.

Hal itu, menurut mantan Wakil Menteri BUMN ini, bukan hanya untuk mengatasi pandemi COVID-19, tapi juga persiapan menghadapi kemungkinan wabah-wabah penyakit lainnya ke depan.

"Kita bisa membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap mengatasi masalah SARS-CoV-2," kata Budi.

"Dan kita juga bisa mempersiapkan sistem layanan kesehatan publik yang siap kuat mumpuni agar generasi sesudah kita bisa menghadapi SARS-CoV-3 dan 4 yang kita tidak tahu kapan datangnya," imbuhnya

Namun, kata Budi, Kementerian Kesehatan tidak bisa mewujudkannya secara eksklusif. Program pemerintah perlu juga dilaksanakan bersama-sama seluruh rakyat Indonesia.

"Kemenkes tidak mungkin melakukannya secara eksklusif. Kita harus melakukannya secara inklusif. Kami percaya tidak cukup pemerintah sendiri tapi ini harus suatu gerakan yang dilakukan sama-sama dengan seluruh rakyat indonesia," pungkasnya. 

Rekomendasi