Pelajaran Agama Dikabarkan Akan Dihapus, Nadiem Ajak Berpikir Kritis

| 11 Mar 2021 11:26
Pelajaran Agama Dikabarkan Akan Dihapus, Nadiem Ajak Berpikir Kritis
Nadiem Makarim (Era.id)

ERA.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim angkat bicara terkait isu yang saat ini sedang menjadi perbincangan di sosial media, bahwa Kemendikbud akan menghapus mata pelajaran agama.

Iya menegaskan bahwa isu itu tidak benar adanya, dan tidak akan pernah dipertimbangkan oleh Kemendikbud. Dikarenakan agama merupakan hal esensial bagi pendidikan bangsa.

Hal itu ia sampaikan melalui media sosial Instagramnya. Dalam rangka menanggapi isu agama dihilangkan dari peta jalan pendidikan. “Jelas isu ini tidak benar dan tidak akan pernah Kemendikbud akan menghapus mata pelajaran agama,” tulisnya dikutip melalui Instagram @nadiemmakarim pada Kamis (11/3).

“Agama bukan hanya hal yang penting, namun hal esensial bagi pendidikan bangsa kita,” lanjutnya.

Selanjutnya ia menegaskan, pada saat ini peta jalan pendidikan memang dirancang untuk menciptakan pelajar yang beriman, bertakwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia. "Itulah yang akan kita lakukan, untuk itu masyarakat berpikir kritis dan tidak percaya dengan isu hal-hal yang tidak benar," tandasnya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim turut meyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas masukan dan atensi berbagai kalangan yang memberitahukan kata agama perlu ditulis secara eksplisit dalam memperkuat Peta Jalan Pendidikan.

"Jadi, kami pastikan terus bahwa pelajaran agama akan dimuat terus di Peta Jalan Pendidikan selanjutnya. Jadi tidak perlu dikhawatirkan," ujar Nadiem.

Selanjutnya Nadiem menekankan untuk masyarakat untuk berpikir kritis, agar tidak mudah percaya atas isu-isu yang beredar di media sosial. 

Rekomendasi