Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Dirut Pertamina: Stok BBM Aman

| 29 Mar 2021 13:45
Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Dirut Pertamina: Stok BBM Aman
Ilustrasi kilang minyak Balongan (Dok. Antara)

ERA.id - Kebakaran di Kilang Minyak Balongan, Indramayu Minggu, (29/03/2021) membuat masyarakat khawatir dengan kemungkinan terbatasnya stok BBM. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan pasokan BBM kepada masyarakat tidak terganggu dan masih berjalan normal.

"Tidak ada kendala supply karena sebetulnya kilang utama tidak terdampak, kebakaran hanya di daerah tangki saja," jelasnya secara virtual, Senin (29/3/2021).

Nicke mengatakan upaya yang dilakukan dengan distribusi dari kilang-kilang lain ke Jakarta dan Cikampek untuk menggantikan supply dari kilang Balongan.

"Dalam pola supply memiliki seri kondisi harus beroperasi kita optimalkan produk kilang-kilang lain dan menyalurkan ke daerah-daerah yang di-supply dari Balongan yaitu Jakarta-Cikampek. Kami harap kilang dioperasikan kembali setelah pemadaman," jelasnya.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menegaskan, stok BBM secara nasional juga terhitung aman terkendali, bahkan dalam posisi aman pasca kebakaran di Kilang Balongan.

"Kami sampaikan kondisi stok nasional sangat sangat aman. Kami minta sekali lagi masyarakat tak perlu panik karena stoknya luber," ungkapnya.

Sebagai informasi Kilang Minyak Balongan tersebut meledak dini hari sekitar pukul 00.45 WIB. Pertamina mendatangkan tim HSSE (Health Safety, Security and Environment) dari unit kilang terdekat yakni Kilang Pertamina Cilacap, Pertamina EP, Kilang Pertamina Plaju serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Indramayu untuk segera mengupayakan pemadaman kebakaran tangki kilang.

Tim HSSE kini tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Rekomendasi