Beredar Surat Kepres Kedaruratan Keuangan Negara, Ini Jawaban Setneg

| 05 Apr 2021 16:34
Beredar Surat Kepres Kedaruratan Keuangan Negara, Ini Jawaban Setneg
Dok. Setneg

ERA.id - Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia secara tegas menyatakan kertas surat “KEPUTUSAN PRESIDEN TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KEUANGAN NEGARA” yang beredar di media sosial merupakan informasi sesat alias hoaks.

“Hai #SobatSetneg, terkait beredarnya berita/informasi terkait dengan telah diterbitkannya Keppres Tentang Penetapan Kedaruratan Keuangan Negara, pada tanggal 17 Maret 2021, kami nyatakan bahwa berita/informasi tersebut tidak benar (hoaks),” tulis otoritas Kemensetneg melalui akun Instagram resminya @kemensetneg.ri.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat secara bijaksana menyikapi berita/informasi tersebut,” lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, surat HOAKS berbunyi “KEPUTUSAN PRESIDEN TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KEUANGAN NEGARA” beredar di media sosial, lengkap dengan tanda tangan palsu yang mengatasnamakan Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 17 Maret 2021.

Berikut narasi informasi hoaks tersebut:

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

MEMUTUSKAN

Menetapkan: KEPUTUSAN PRESIDEN TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KEUANGAN NEGARA

KESATU: Menetapkan bahwa Dana SBI (080264) -24 SD sebagai:

Dana Bantuan unutk dipergunakan Pembangunan dan Mensejahterakan Rakyat.

KEDUA: Menetapkan Kedaruratan Keuangan Negara Indonesia, yang wajib ditangani secepatnya. Selambat lambatnya pada Tanggal 31 Maret 2021 (diharapkan Seluruh Bank Terkait untuk bekerja sama demi kelancaran Pencairan Dana SBI tersebut diatas).

KETIGA: Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Tags : hoaks setneg
Rekomendasi