Intip Daftar Keluarga Soeharto yang Kuasai Yayasan Harapan Kita, Pengelola TMII

| 08 Apr 2021 10:20
Intip Daftar Keluarga Soeharto yang Kuasai Yayasan Harapan Kita, Pengelola TMII
Ilustrasi keluarga cendana (Dok. Instagram titieksoeharto)

ERA.id - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) resmi diambilalih Kemensetneg dari Yayasan Harapan Kita. Mensesneg Pratikno menyampaikan alasan dibalik pengambilalihan TMII dari Yayasan Harapan Kita itu karena mendapat rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Menurut Keppres 51 tahun 1977, TMII itu milik negara, tercatat di Kemensestneg yang pengelolaannya diberikan kepada Yayasan Harapan Kita. Jadi Yayasan Harapan Kita ini sudah hampir 44 tahun mengelola aset milik negara yang tercatat di Kemensetneg," ujar Pratikno, Rabu (7/4/2021).

Mulanya, gagasan pembangunan TMII ini dicetuskan oleh mendiang istri presiden ke-2 RI Soeharto, yakni Tien Soeharto. Tien menyampaikan gagasannya ini pada rapat pengurus Yayasan Harapan Kita di Jalan Cendana Nomor 8, Jakarta pada 13 Maret 1970. Tien ingin memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia lewat miniatur Indonesia.

Mengutip dari laman resmi tamanmini.com, Kamis (8/4/21), TMII mulai dibangun sejak tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar.

Saat itu, Tien menyerahkan hak kelola TMII kepada Yayasan Harapan Kita. Adapun Yayasan Harapan Kita merupakan organisasi yang didirikan oleh Tien. Anak-anak Presiden RI Soeharto masuk dalam jajaran manajemen Yayasan Harapan Kita.

Salah satunya Bambang Trihatmodjo yang berstatus selaku Pembina yayasan tersebut dan Siti Hardiyanti Indra Rukmana atau yang kerap disapa mba Tutut menjabat sebagai ketua umum dalam YHK.

Berikut susunan Kepengurusan Yayasan Keluarga Kita:

Pembina

Soehardjo

Bambang Trihatmodjo (Anak ketiga Soeharto)

Dr. Rusmono

Ketua Umum

Siti Hardiyanti Indra Rukmana (Anak pertama Soeharto)

Ketua

Sigit Harjojudanto (Anak kedua Soeharto)

Sekretaris

Tubagus Sulaeman

Wakil Bendahara

Sri MoempoeniKetua Pengawas

Indra Rukmana (mantu Soeharto)

Issantoso

Dewan Komisaris TMII

Ketua

Prof. Dr. Bambang Wirabarta

Anggota

Drs. Rizal Basri

Bambang Parikesit, SH.MM

Dr. Prasetyono, MA

Maliki Mift, SIP.MH

Sekretaris

Ir. Suherman

Manajemen TMII

Direktur Utama

Drs. Tanribali Lamo, SH.

Direktur Umum

Drs. Taufik Sukasah, M.SI.

Direktur Operasional & Pengembangan

Drs. Maulana Cholid

Direktur Penelitian, Pengembangan, dan Budaya

Putu Supadma Rudana, MBA

Rekomendasi