Viral Pria Menista Islam, Wamenag Ingatkan Soal Kerukunan Umat Beragama

| 18 Apr 2021 16:30
Viral Pria Menista Islam, Wamenag Ingatkan Soal Kerukunan Umat Beragama
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi (tengah), dalam sebuah acara. (Dok. Instagram zainuttauhidsaadi)

ERA.id - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi angkat bicara soal seorang pria bernama Joseph Paul Zhang yang diduga menghina agama Islam. Dia mengatakan, perbuatan Joseph sangat melukai dan berpotensi menganggu keharmonisan antar umat agama di Indonesia.

Diketahui, Joseph melalui unggahan video YouTube yang berjudul 'Puasa Lalim Islam' berbicara dengan nada mengolok-olok ajaran Islam, Nabi Muhammad SAW hingga ajaran puasa.

"Saya sangat menyesalkan tindakan Jozeph Paul Zhang yang dengan sengaja menebarkan rasa kebencian dan permusuhan kepada umat Islam. Apa yang diucapkan sangat melukai perasaan umat Islam dan dapat menimbulkan situasi yang mengganggu harmoni kehidupan umat beragama di Indonesia," ujar Zainut kepada wartawan, Minggu (18/4/2021).

Kemenag, kata Zainut, sangat mendukung langkah kepolisian yang dikabarkan sedang melacak keberadaan Joseph. Dia berharap, masalah ini dapat segera diatasi sehingga tidak menimbulkan polemik lebih jauh lagi.

"Saya mendukung langkah aparat kepolisian untuk melakukan langkah-langkah hukum agar masalah ini dapat segera ditangani dengan baik dan tidak melebar kemana-mana," kata Zainut.

Lebih lanjut, Zainut mengimbau kepada umat Islam agar dapat menahan diri, tetap khusyuk dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan, dan tidak terpancing dengan melakukan tindakan balasan yang dapat menimbulkan suasana semakin panas dan menjurus kepada konflik yang bernuansa SARA.

"Mari kita jaga puasa Ramadan ini dengan khusyu' agar terpelihara dari hawa nafsu yang dapat merusak dan mengurangi pahala ibadah puasa kita," katanya.

Dia juga mengimbau kepada semua umat beragama untuk menjaga kerukunan dan persaudaraan sesama anak bangsa, dengan saling bertoleransi, menghormati dan menghargai keyakinan umat agama lain.

"Agar kerukunan hidup umat beragama di Indonesia dapat terus kita pelihara," pungkasnya.

 

 

Rekomendasi