Momen Moeldoko Pernah Naik Kapal Selam Nanggala-402: Kru Kapal Sangat Tangguh!

Tim Editor

Dok. Instragram Moeldoko

ERA.id - Kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko ternyata pernah menaiki kapal selam Nanggala-402.

Moeldoko mengunggah video lama saat ia berada di KRI Nanggala-402.

"Delapan tahun lalu, saat menjabat Panglima TNI, saya pernah bekerja bersama para kru kapal selam KRI Nanggala-402, yang saat ini dikabarkan hilang kontak," tulis Moeldoko lewat akun Instagram, Kamis (22/4/2021).


Dalam video, Moeldoko, yang mengenakan atribut serba hitam, dianugerahi Wing Hiu Kencana oleh KSAL saat itu, Laksamana TNI Marsetio. Moeldoko menceritakan bagaimana tangguhnya kru KRI Nanggala-402.

"Di atas kapal inilah, Wing Hiu Kencana dianugerahkan kepada saya. Saya menjadi saksi betapa tangguhnya kru kapal saat bekerja. Menjaga kedaulatan maritim nusantara dari berbagai ancaman," ujar Moeldoko.



Kepala Staf Kepresidenan itu turut mendoakan keselamatan kru KRI Nanggala-402, yang hilang kontak.

"Mengingat hal itu saya mendoakan semoga seluruh awak kapal selam Nanggala dapat melewati krisis ini," ucap Moeldoko.

Hingga saat ini, belum ditemukan adanya tanda-tanda penemuan kapal tersebut, sedangkan operasi pencarian saat ini masih berlangsung.

Sebelumnya, KRI Nanggala diduga mengalami black out saat menyelam statis. Sehingga, kondisi itu membuat kapal tidak terkendali dan tidak mampu melaksanakan prosedur kedaruratan. Kapal juga disinyalir telah berada di kedalaman 600-700 meter.

Kedalaman tersebut diketahui melebihi kemampuan kapal yang memiliki spesifikasi menyelam maksimal 500 meter. KRI Nanggala-402 merupakan satu dari lima kapal selam TNI AL yang tengah menjalani uji coba latihan di perairan Bali.


Tag: moeldoko Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko KRI Nanggala 402 kapal selam tenggelam KRI Nanggala kapal selam hilang

Bagikan: