Momen Pelantikan Nadiem dan Bahlil Jadi menteri Baru

| 28 Apr 2021 15:48
Momen Pelantikan Nadiem dan Bahlil Jadi menteri Baru
Dok. BPMI

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengumumkan sekaligus melantik nama menteri sekaligus kementerian baru di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Melalui Keputusan Presiden Nomor 72 P Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Pengupahan Kementerian serta pengangkatan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Jokowi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Selain itu, Jokowi juga melantik Nadiem Anwar Makarim Sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Nadiem dan Bahlil saat mengambil sumpah jabatan.

Kemudian melalui Keputusan Presiden Nomor 19 M Tahun 2021, Jokowi mengangkat dan melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan untuk melebur Kemenristek/BRIN dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Artinya, Kemenristek/BRIN dihapuskan dan sebagian tugasnya diserahkan kepada Nadiem Makarim sekali Mendikbud.

Rekomendasi