Temui Keluarga Awak Kapal Selam KRI Nanggala, Jokowi Janji Bangunkan Rumah

| 29 Apr 2021 12:15
Temui Keluarga Awak Kapal Selam KRI Nanggala, Jokowi Janji Bangunkan Rumah
Presiden Joko Widodo bersama rombongan menuju ke Provinsi Jawa Timur menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (29/4/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menemui keluarga awak kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) KRI Nanggala-402 di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021).

Dalam kesempatan itu, di hadapan keluarga para awak KRI Nanggala-402, Jokowi kembali menyampaikan duka cita atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala-402 yang karam di perairan utara Bali beberapa waktu lalu.

"Atas negara, atas nama pemerintah, atas nama rakyat, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala-402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisinya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berjanji akan membangunkan rumah untuk keluarga awak KRI Nanggala-402. Dia lantas memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAL Laksamana Yudo Margono, untuk mengatur lokasi rumah bagi 53 keluarga awak KRI Nanggala-402.

"Kami nanti, ibu-ibu sekalian, akan juga dibangunkan rumah yang tempatnya kami nanti mengikuti ibu-ibu semuanya terserah bisa di Gresik, di Sdoarjo atau di tempat lain, dan mekanisme ini juga tolong pak KSAL dan Panglima bisa mengaturnya sesegera mungkin agar segera kita laksanakan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, bahwa pemerintah akan menaikkan pangkat satu tingkat kepada 53 awak KRI Nanggala-402. Selain itu pemerintah akan menjamin pendidikan putra putri awak KRI Nanggala-402 hingga perguruan tinggi.

"Kemarin sudah kita sampaikan untuk putra putri dari ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi. Tadi saya sampaikan kepada Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan KSAL (Laksamana Yudo Margono) agar peraturan manajemen mekanismenya diatur agar semuanya rapi," kata Jokowi.

Rekomendasi