Sepekan, Total Ada 288 WN China Masuk Indonesia di Masa Larangan Mudik

| 10 May 2021 08:34
Sepekan, Total Ada 288 WN China Masuk Indonesia di Masa Larangan Mudik
Ilustrasi

ERA.id - Selama sepekan terakhir, Warga Negara China terus berdatangan ke Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

Berdasar data dari Ditjen Imigrasi, total 288 WNA China sudah masuk ke Indonesia pekan ini. Para WNA China ini sudah datang mulai 4 Mei 2021 lalu dan viral di media sosial.

Saat itu, sebanyak 85 WNA asal China datang ke Inddonesia melalui Bandara Sokearna-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Para WNA itu datang menumpang pesawat Southern Airlies dari Shenzen yang sudah disewa. Selanjutnya, sebanyak 46 WNA China kembali tiba di Indonesia pada 6 Mei 2021 dengan pesawat Xiamen Air dengan nomor penerbangan MF855.

Puncaknya, kedatangan terbanyak terjadi pada Sabtu, 8 Mei 2021 kemarin yang tercatat 160 WNA China masuk ke Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, disebutkan, kedatangan para WNA tersebut sudah sesuai dengan peraturan. Seluruh WNA yang tiba di Indonesia itu telah mengantongi rekomendasi dari berbagai pihak di Tanah Air.

"Dapat kami sampaikan bahwa seluruh WNA tersebut telah memenuhi aturan keimigrasian dengan VISA dan kegiatan yang sesuai Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2021. Yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjugan wisata," jelas Dirjen Imigrasi, Jhoni Ginting.

Dari keterangan Ditjen Imigrasi dijelaskan bahwa WNA China ini sudah menapatkan rekomendasi dari KKP Kementerian Kesehatan.

Rekomendasi