Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah Digelar Besok

| 10 May 2021 11:45
Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah Digelar Besok
Pemantauan hilal (Dok. Antara)

ERA.id - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Syawal 1442 Hijiriah pada Selasa (11/5) besok atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1442 Hijriah. Sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Choilil Qoumas yang rencananya digelar secara daring dan luring.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (10/5/2021).

Kamaruddin mengatakan, sidang akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, mengingat pandemi COVID-19 masih ada. Karena itu, tak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama besok.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," katanya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," katanya.

Rekomendasi