Warga di Tiga Kecamatan Kalimantan Utara Mengungsi Akibat Banjir, Tinggi Air Hingga 200 Sentimeter

| 16 May 2021 17:00
Warga di Tiga Kecamatan Kalimantan Utara Mengungsi Akibat Banjir, Tinggi Air Hingga 200 Sentimeter
Banjir di Kalimantan Utara (Dok. BNPB)

ERA.id - Tiga kecamatan di Kabupaten Malianu, Kalimantan Utara diterjang banjir pada Minggu (!6/5/2021) pukul 09.00 waktu setempat. Akibatnya, masyarakat di sejumlah desa harus mengungsi ke tempat sanak saudara sementara waktu.

Adapun desa-desa terdampak yaitu Desa Malinau Hulu dan Pelina Kanaan (Kecamatan Malinau Kota), Long Berangkat, Long Simau, Long Makatip, Long Kebinu, Long Sulit dan Long Semamu (Mentarang Hulu), serta Long Bisai, Paking, Pulau Sapi (Mentarang).

"Banjir dipicu oleh curah hujan tinggi sejak kemarin, Sabtu (15/5), sehingga debit air Sungai Funu dan Kenipe yang berada di wilayah Kecamatan Mentarang Hulu meluap. Selain kedua sungai tersebut, debit air Sungai Malinau juga meluap. Ketinggian air banjir antara 30 hingga 200 cm," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan tertulis, Minggu (16/5/2021).

Raditya mengatakan, peringatan dini cuaca dari BMKG yang terpantau pada Info BMKG pada Sabtu ini (16/5) hingga esok hari menunjukkan potensi hujan ringan di tiga kecamatan terdampak banjir. Karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada dan siaga terhadap potensi bencana hidrometeorologi susulan.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malinau menginformasikan masyarakat yang tinggal di bagian hilir untuk berhati-hati. Saat banjir terjadi, personel BPBD setempat segera melakukan kaji cepat dan pendataan dampak di lapangan. Personel menghadapi kendala dalam mencapai lokasi karena lokasi terdampak yang jauh," pungkasnya.

Rekomendasi