Survei SMRC: NasDem, PAN, dan PPP Berpotensi Tak Lolos

Tim Editor

Ilustrasi (Dok. SMRC)

ERA.id - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis survei terbaru Mei 2021 terkait elektabilitas partai politik. Hasilnya, tiga partai pemenang di Pemilu 2019, yaitu PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Golkar masih bersaing ketat.
 
Dalam survei tersebut, PDIP memiliki elektabilitas sebanyak 25,9 persen.

Menurut Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad, tren elektabilitas partai berlambang banteng ini selalu berada di atas perolehan suara pada Pemilu 2019.

 
"Pada survei terakhir, PDIP dipilih 25,9 persen. Kalau dilihat dari tren survei sebelum pemilu sejak 2014, survei merekam PDIP selalu di atas perolehan hasil pemilu," ujar Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad saat rilis survei secara daring yang dikutip Senin (14/6/2021).
 
Posisi kedua ditempati Partai Gerindra dengan tingkat elektabilitas yang cukup jauh dengan PDIP yaitu 19,9 persen. Namun angka tersebut bersaing ketat dengan Partai Golkar yang memperoleh 10,9 persen.
 
Sedangan untuk posisi papan tengah ditempati PKB dengan elektabilitas 9,7 persen, Demokrat 6,6 persen, hingga PKS 4,6 persen.

Tiga partai ini cenderung stabil, namun Demokrat mengalami sedikit penurunan dari 7,5 persen pada survei Maret 2021. Serta PKS turun dari 5,2 persen dibanding survei sebelumnya.
 
Kemudian, NasDem, PAN, dan PPP cenderung tidak stabil dan tidak aman dari kursinya kini di DPR RI. Sebab, tiga partai ini di bawah ambang batas empat persen, yaitu NasDem 3,7 persen, PPP 2,6 persen, PAN 1,8 persen.
 
"Partai yang kurang stabil untuk lolos ambang batas parlemen, Nasdem, PAN, dan PPP," kata Saidiman.
 
SMRC menggelar survei nasional melalui wawancara lapangan pada 21-28 Mei 2021. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling sebesar 1.220 responden.

Margin of error survei sebesar kurang lebih 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tag: elektabilitas pdip Survei smrc

Bagikan: