Edhy Prabowo Foya-foya di Amerika demi Istri, Bantah Pakai Uang Suap Ekspor Benih

| 17 Jun 2021 14:46
Edhy Prabowo Foya-foya di Amerika demi Istri, Bantah Pakai Uang Suap Ekspor Benih
Edhy Prabowo (Dok. KKP)

ERA.id - Eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo membantah dirinya membeli barang mewah di Amerika Serikat menggunakan uang hasil suap izin ekspor benih lobster.

Menurut Edhy, barang tersebut dibayar dengan uang hasil jerih payahnya sendiri.

"Bapak bisa cek sebagai ketua komisi (Komisi IV Sudin) saya punya apa," kata Edhy di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Kamis (17/0>

Awalnya, Edhy memerintahkan sekretaris pribadinya, Amiril Mukminin, untuk mengganti kartu kredit yang mempunyai limit lebih besar seminggu sebelum ke Amerika. Amiril kesulitan menjalankan perintah itu.

Saat mau jalan ke Amerika, Amiril memberikan kartu debit milik staf istri menteri, Ainul Faqih. Amiril menyebut kartu itu sudah diisi uang Edhy Rp1 miliar, dan bisa membayar Rp500 juta dalam sehari.

"Pas saya di mobil menuju mau ke bandara. Saya tanya, 'Ini kartu bahaya enggak? Ini punya orang saya pakai?'. (Amiril menjawab) 'Oh enggak Pak, itu sudah saya isi pakai uang Bapak'," ujar Edhy.

Edhy menegaskan sudah menyiapkan uang sendiri saat berangkat ke Amerika. Dia membantah uang itu berhubungan dengan suap ekspor benih lobster.

Edhy mengamini ada niat berfoya-foya saat kunjungan ke Amerika. Dia ingin menghibur istrinya, Iis Rosita Dewi, yang baru sembuh dari Covid-19 dan berdekatan dengan momen ulang tahun pernikahannya.

"Saya harus hibur Ibu (Iis), karena hari anniversary saya, beliau (habis) terkena Covid-19, kita (habis) terkena Covid-19, nggak ada ulang tahunnya juga pas lagi Covid-19, siapa tahu dalam perjalanan ini saya bisa hibur traktir," tutur Edhy.

Edhy menilai berbelanja untuk menghibur istrinya sebagai tindakan wajar. Menurut dia, itu merupakan tugasnya seorang suami.

Rekomendasi