Melejit dalam Survei LSI, Politisi Golkar Puji Airlangga Setengah Mati

| 18 Jun 2021 15:28
Melejit dalam Survei LSI, Politisi Golkar Puji Airlangga Setengah Mati
Airlangga Hartarto sewaktu dilantik menjadi menteri (Era.id)

ERA.id - Politisi senior Partai Golkar Azis Samual optimis melihat hasil survei LSI Denny JA terkait elektabilitas Ketum Golkar, Airlangga Hartarto.

“Menurut saya itu (hasil survei) menambah optimisme, elektabilitas Airlangga Hartanto naik signifikan," kata Azis Samual, Jumat (18/6/2021).

Survei itu soal elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Kata Azis, ada perkembangan yang menarik dari sana, sebab survei pada Mei 2021 dari Indikator Politik, nama ketumnya masih di urutan 9 dengan elektabilitas 1 persen.

Kini di LSI, posisi Airlangga sudah berada di urutan ke 5 dengan elektabilitas 5,3 persen. Otomatis, hitungan itu naik lima kali lipat lebih.

Makanya Azis semakin yakin. “Kami dari Partai Golkar masih punya waktu sekurang-kurangnya 2 tahun ke depan untuk membantu meningkatkan elektabilitas Airlangga," kata dia

Aziz menilai, naiknya elektabilitas Airlangga dalam survei LSI karena saat menjabat Menko Perekonomian, ia bekerja positif terutama dalam mengatasi dampak krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Azis juga menjelaskan kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar efektif menggerakkan partai, baik dalam koridor struktural maupun jalur fungsional.

Dinamika internal juga dapat dikelola dengan bijak, sehingga tetap tercipta suasana yang harmonis, kompak, dan soliditas partai yang terjaga.

"AH itu tegas dan disiplin menjaga haluan partai agar tetap pada treknya dan tentu sudah sejalan dengan harapan konstituen/masyarakat luas. Inilah sebenarnya yang saya sebut sebagai esensi dari kepemimpinan," kata dia.

Azis juga berpendapat tren partai sedang mengalami kenaikan di masyarakat, setidaknya melalui berbagai survei eksternal maupun kajian internal. Hal itu sebagai modal dasar penting.

"Ia mungkin jarang bicara tetapi dia selalu berusaha melakukan yang terbaik," tandas Azis.

Rekomendasi