Dibilang 'Klemar-Klemer', 'Bapak Bipang' hingga 'King of Lip Service', Jokowi: Biasa Saja

| 29 Jun 2021 20:53
Dibilang 'Klemar-Klemer', 'Bapak Bipang' hingga 'King of Lip Service', Jokowi: Biasa Saja
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo merespons kritik bernada sindiran yang dilontarkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI yang menyebutnya sebagai "King of Lip Service".

Menurut Jokowi, ini bukan kali pertama dirinya mendapatkan sindiran semacam itu.

"Itu kan sudah sejak lama ya. Dulu ada yang bilang saya klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo. Kemudian ada yang bilang saya ini otoriter. Kemudian ada yang ngomong saya ini bebek lumpuh dan baru-baru ini ada yang bilang saya bapak bipang dan terakhir ada menyampaikan The King of Lip Service," ujar Jokowi, Selasa (29/6/2021).

Jokowi pun menegaskan tak masalah dikritik. Namun, Jokowi mengingatkan kritik harus disampaikan dengan cara yang sopan dan santun.

"Saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa dan ini negara demokrasi. Jadi kritik itu ya boleh-boleh saja dan universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa berekspresi," sambung Jokowi.

"Tapi juga ingat kita ini memiliki budaya tata krama, budaya kesopan-santunan ya," lanjutnya.

Jokowi tidak mempermasalahkan kritikan dari para mahasiswa UI tersebut karena menurutnya itu bagian dari kebebasan berpendapat.

"Saya kira biasa saja mungkin mereka sedang belajar mengekspresikan pendapat. Tapi, yang saat ini penting kita semuanya memang bersama-sama fokus penanganan pandemi COVID-19," pungkasnya.

Rekomendasi