Jokowi Soal Satpol PP Gowa: Jangan Keras dan Kasar, Jadi Memanaskan Suasana

| 17 Jul 2021 18:45
Jokowi Soal Satpol PP Gowa: Jangan Keras dan Kasar, Jadi Memanaskan Suasana
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Presiden Jokowi meminta agar aparat menghindari kekerasan saat meneakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Hal ini terkait dengan Satpol PP yang memukul perempuan di Gowa, Sulawesi Selatan.

"Hati-hati dalam menurunkan mobility index mengenai penyekatan dan penanganan terhadap masyarakat, terhadap pedagang, PKL, toko, saya minta kepada Polri dan juga nanti Mendagri, kepada daerah, agar jangan keras dan kasar," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Ia mengingatkan agar penegakan aturan selama PPKM Darurat dilakukan lebih baik. Aparat boleh bersikap tegas tanpa ada kekerasan.

"Tegas dan santun," katanya.

Jokowi mengatakan salah satu cara efektif untuk menyosialisasikan PPKM Darurat dengan  memberikan bantuan sosial. "Sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan sambil bagi beras. Itu mungkin bisa sampai pesannya," kata Jokowi.

Menurutnya, peristiwa pemukulan yang terjadi di Gowa hanya memanaskan suasana. "Saya kira peristiwa-peristiwa yang ada di Sulawesi Selatan, misalnya, Satpol PP memukul pemilik warung, apalagi ibu-ibu, ini untuk rakyat menjadi memanaskan suasana," kata Jokowi.

Sebelumnya, viral di media sosial Satpol PP memukul seorang perempuan di Gowa, Sulawesi Selatan. Akibat peristiwa tersebut, oknum Satpol PP tersebut dipecat dan menjadi tersangka.

Rekomendasi