Dirut BPJS Kesehatan Masuk Jajaran CEO Terbaik Versi Iconomics

| 27 Jul 2021 21:45
Dirut BPJS Kesehatan Masuk Jajaran CEO Terbaik Versi Iconomics
Ali Ghufron Mukti (Dok. Antara)

ERA.id - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ali Ghufron Mukti masuk dalam daftar Indonesia Best CEO Awards 2021 sebagai salah satu pemimpin yang dinilai berhasil membawa perusahaan tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19.

"Prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh Duta BPJS Kesehatan agar terus mengedepankan integritas, profesional, pelayanan prima, dan efisiensi operasional dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS yang berkualitas. Di tengah pandemi COVID-19 yang belum mereda, kami upayakan tetap memberikan pelayanan terbaik pada peserta dan stakeholders JKN-KIS," kata Ali Ghufron Mukti melalui siaran pers yang diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (27/7/2021).

Ghufron berhasil menyandang Employees Choice in Health Social Insurance Category dalam penghargaan yang diselenggarakan oleh Iconomics.

Ia mengatakan BPJS Kesehatan berupaya semaksimal mungkin membantu pemerintah dalam melakukan penanganan terhadap kasus COVID-19.

Sejumlah dukungan BPJS Kesehatan dalam penanganan pandemi COVID-19 di antaranya menjalankan tugas khusus dalam hal pencatatan, verifikasi penagihan dan pelaporan klaim COVID-19 seluruh masyarakat Indonesia, baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS ataupun belum menjadi peserta JKN-KIS. Klaim tersebut akan dibayarkan oleh Kementerian Kesehatan kepada fasilitas kesehatan.

Di samping itu, kata Ghufron, BPJS Kesehatan juga mengembangkan screening COVID-19 harian peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN. Data screening ini digunakan sebagai sumber data peserta JKN-KIS yang memiliki kondisi komorbid dan disampaikan ke Pemerintah.

BPJS Kesehatan juga memberikan informasi pencatatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang meliputi registrasi, screening hingga dokumentasi pelaporan melalui aplikasi P-Care Vaksinasi dan menyampaikan dashboard kepada seluruh pemerintah daerah dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait program JKN dan pembayaran klaim COVID-19.

"Kami juga berupaya mempermudah urusan peserta JKN-KIS dengan mengalihkan layanan konvensional di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota ke layanan digital (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan Chat Assistant JKN/Chika)," katanya.

Menurut Ghufron pengalihan layanan ini justru kian memudahkan masyarakat sebab tidak perlu hadir ke kantor layanan, cukup lewat smartphone saja. "Urusan administrasi JKN-KIS bisa diselesaikan tanpa perlu keluar rumah,” katanya.

Founder and CEO Iconomics Bram S Putro mengatakan CEO atau pemimpin organisasi menjadi panutan dalam melakukan manuver inovatif.

"Pada kondisi saat ini, kehebatan sosok pemimpin diuji. Disrupsi kali ini melengkapi ujian disrupsi-disrupsi yang sebelumnya sudah melanda, seperti disrupsi digital, politik, dan lainnya, termasuk gebrakan inovatif dalam merespon COVID-19,” katanya.

Ia menjelaskan, penilaian Indonesia Best CEO Awards 2021 – Employees’ Choice dilakukan melalui survei online terhadap ribuan staf berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 10.000.

Penilaian dilakukan melalui kuisioner online dan tanpa melakukan kuota geografis maupun jenjang jabatan. Responden diminta melakukan penilaian terhadap CEO institusinya dan diperkenankan melakukan penilaian terhadap CEO institusi lain dalam kategori industri/kegiatan sejenis.

"Indonesia Best CEO Awards 2021 – Employees’ Choice hanya akan diberikan kepada satu CEO di kategori industri masing-masing. Dengan mempertimbangkan efisiensi eksekusi, maka hanya sekitar 200 CEO/institusi yang diikutsertakan ke dalam survei. Pemilihan kandidat CEO dan institusinya berdasarkan pilihan redaksi Iconomics. Indonesia Best CEO Awards 2021 – Employees’ Choice diberikan kepada pemimpin instansi dengan skor tertinggi di kategori sub-industrinya," katanya.

Penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan secara virtual, Kamis (23/7).

Rekomendasi