Jokowi Jawab Kapan Virus Corona Berakhir: WHO Belum Bisa Prediksi

| 30 Jul 2021 11:00
Jokowi Jawab Kapan Virus Corona Berakhir: WHO Belum Bisa Prediksi
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Presiden Joko Widodo buka suara mengenai kapan pandemi COVID-19 berakhir. Hal itu dia sampaikan saat pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro Tahun 2021 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

"Saya ngomong apa adanya, bukan menakut-nakuti, tapi virus Corona ini akan selesai kapan? WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) pun belum bisa memprediksi juga," kata Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Oleh karenanya, pemerintah berusaha menangani pandemi COVID-19 baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Dua hal tersebut akan dijalankan secara pelan-pelan.

Lebih lanjut, Jokowi menyinggung mengenai kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Dia menjelaskan, untuk memastikan sektor kesehatan dan ekonomi berjalan beriringan, maka pemerintah tidak pernah menerapkan karantina total atau lockdown.

"Nggak bisa kita tutup lockdown seperti negara lain lockdown artinya tutup total, kemarin PPKM darurat kan semi lockdown, itu masih semi saja saya masuk kampung, saya masuk ke daerah semuanya menjerit untuk dibuka," kata Jokowi.

Dia menegaskan, jika pemerintah mengambil langkah lockdown belum tentu semua permasalahan yang ditimbulkan akibat pandemi COVID-19 bisa selesai.

"Kalau lockdown bisa kita bayangkan, dan itu juga belum bisa menjamin dengan lockdown permasalahan bisa selesai. Oleh sebab itu sekali lagi bapak ibu harus bekerja lebih keras lagi semua dengan situasi seperti ini bertahan dengan sekuat tenanga meski omzet turun," pungkasnya

Rekomendasi