Kemenkominfo Ungkap Strategi Transformasi Digital di Indonesia

| 10 Aug 2021 19:50
Kemenkominfo Ungkap Strategi Transformasi Digital di Indonesia
Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto. (Fitria/era.id)

ERA.id - Staf Ahli Kemenkominfo, Henry Subiakto mengatakan saat ini pemerintahan Jokowi memang sedang berkomitmen melakukan transformasi digital. Sebab ke depan semua hal akan mengarah ke era digital.

"Maka dipersiapkanlah transformasi digital dengan membangun infrastruktur, memperkuat sumber daya manusianya," kata Henry dalam diskusi daring, Selasa (10/8/2021).

Ia mengatakan tak hanya soal infrastruktur digital, saat ini pemerintah juga menyusun regulasi untuk menata infrastruktur digital. Termasuk misalnya adanya rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

"Walaupun pembangunan infrastruktur belum selesai tapi sekarang pengguna internet di Indonesia sudah 202,6 juta pada penduduk di sekitar 275 juta pengguna internetnya sudah mendekati 74 persen," katanya.

Ia menyebut teknologi memang sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Bahkan saat ini muncul istilah era kelimpahan informasi.

"Teknologi yang diciptakan manusia sekarang justru menjadi bagian yang mempengaruhi manusia lain untuk berubah atau beradaptasi sesuai dengan karakter teknologi itu, muncul budaya digital, itu yang disebut sebagai sosiometriality," katanya.

Rekomendasi