Hadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Wapres Ma'ruf Amin Pakai Busana Adat Sunda

| 17 Aug 2021 10:55
Hadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Wapres Ma'ruf Amin Pakai Busana Adat Sunda
Maruf Amin dan istri (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi istrinya, Wury Ma'ruf Amin turut hadir di Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Berdasarkan pantauan dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Ma'ruf dan istrinya kompak menggunakan pakaian adat sunda dari Sukabumi, Jawa Barat. Terlihat, mantan Rais Aam PBNU itu menggunakan setelan jas tertutup atau beskap dan celana panjang berwarna biru dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Selain itu, Ma'ruf juga memakai penutup kepala berupa bendo dan bersepatu hitam. Ma'ruf juga menggunakan hiasan aksesoris berupa arloji rantai yang dijepitkan pada saku jas atas sebelah kiri menemani lambang kepresidenan.

Sementara, Ibu Wury menggunakan kebaya bersulam warna biru polos dengan bawahan kain jarik putih bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung kebat atau sinjang bundel. Sebagai pelengkap, ia juga memakai kerudung sewarna kebaya serta alas kaki sendal selop atau kelom geulis.

Setibanya di Istana Merdeka, Ma'ruf mengatakan peringatan kemerdekaan hari ini merupakan upaya menghormati hasil perjuangan para pendiri bangsa. Sehingga, semangat berjuang ini harus ditumbuhkan bersama dengan semangat persatuan dan cinta Tanah Air.

"Ketika sekarang kita sedang menghadapi pandemi ini, kita harus tangguh menghadapi musibah ini tapi kita harus optimis punya semangat untuk bangkit dan tumbuh sesuai dengan cita-cita untuk terus mengejar Indonesia Maju," ungkap Ma'ruf seperti ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8)

Adapun kegiatan upacara di Istana Merdeka dihadiri sejumlah pejabat negara dan salah satunya adalah Ketua DPR RI Puan Maharani yang nantinya akan bertugas membacakan teks proklamasi.

Rekomendasi