PSI Klaim Kantongi Dukungan PDIP Ajukan Interpelasi ke Anies Karena Formula E, Giring: Agar Uang Rakyat Tak Dihamburkan

Tim Editor

Giring Ganesha (Dok. PSI)

ERA.id - Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) mendukung sepenuhnya pengajuan hak interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan dari delapan anggota Fraksi PSI terkait ajang balap mobil Formula E.

"Kami mendukung sepenuhnya dan meminta Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta solid dan bersungguh-sungguh menjalankan rencana hak interpelasi tersebut," kata Plt Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Selanjutnya, Giring juga meminta Fraksi PSI terus menjalin kerja sama dengan kekuatan politik lain di DPRD DKI Jakarta agar interpelasi bisa terwujud.


"Kita paham, dibutuhkan minimal 15 anggota DPRD DKI yang mengajukan agar hak interpelasi ini terlaksana. PSI hanya delapan orang. Karena itu, untuk kepentingan rakyat, kerja sama lintas partai mutlak diperlukan," kata Giring.

Lebih jauh, Giring mendorong seluruh pengurus dan kader di Jakarta mendukung gerakan Fraksi PSI agar menjadi gerakan rakyat untuk menuntut pengembalian uang Formula E.

"APBD adalah uang rakyat dan sangat tidak patut dalam situasi rakyat yang sedang kesulitan akibat pandemi, dana triliunan rupiah dipakai untuk acara balapan mobil oleh Gubernur Anies. Sekali lagi, uang rakyat harus dipakai untuk kepentingan rakyat," lanjut  Calon Presiden RI 2024 itu.

Giring mengingatkan, sejak awal, PSI sangat tegas menolak rencana penyelanggaraan Formula E yang hanya menghambur-hamburkan uang rakyat.

"Fraksi PSI pertama kali mengeluarkan sikap soal Formula E pada 7 November 2019, sejak sebelum pandemi. Jejak digitalnya sangat mudah dilacak. Kami terus bersuara sampai hari ini karena wakil rakyat memang bertugas mengawal uang rakyat, apalagi di masa pandemi seperti sekarang," ujar mantan vokalis Nidji ini.

Terakhir, Giring meminta Gubernur Anies agar mendengarkan suara hati nurani dan mengembalikan uang Formula E untuk kepentingan rakyat.

"Kami yakin, kalau saja Pak Gubernur menyempatkan diri untuk merenung dan mendengarkan hati nurani, Insya Allah beliau akan tergerak dan segera membatalkan Formula E. Pandemi belum berakhir, rakyat masih sangat membutuhkan bantuan. Formula E tentu bukan bantuan yang dibutuhkan tersebut," pungkas Giring.

Delapan anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta telah menandatangani berkas pengajuan hak interpelasi Formula E.

"Pengajuan hak interpelasi ini merupakan sikap partai yang sudah dibahas secara mendalam dalam 2 tahun terakhir, baik dari urgensi maupun dari prioritas anggaran. Ini masih langkah awal dan kita akan tunggu kelanjutannya. PSI akan terus berkomitmen mengawal uang rakyat agar tidak dihambur-hamburkan," ujar Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar, Rabu 18 Agustus 2021.

Sejauh ini, lima anggota Fraksi PDIP juga telah berencana ikut mengajukan hak interpelasi Formula E.

Tag: psi anies baswedan formula e Giring Ganesha interpelasi

Bagikan: