KPK Kembali Gelar Anti Corruption Film Festival, Hadirkan Kategori TikTok Anti-korupsi

| 02 Sep 2021 08:35
KPK Kembali Gelar Anti Corruption Film Festival, Hadirkan Kategori TikTok Anti-korupsi
ACFFest 2021 (Dok: KPK)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar festival Anti-Corruption Film Festival - ACFFest 2021. Penyelenggaraan tahun ini menghadirkan kategori baru yang juga mengikut tren masa kini yakni TikTok Anti-korupsi.

Mengusung tema "Bangkit Beraksi Berkreasi", gelaran ACFFest 2021 kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab mulai di tahun ini ACFFest 2021 menambah kategori baru berupa kompetisi TikTok Anti-korupsi.

"Kategori ACFFest tahun ini juga ada sedikit perbedaan. Tahun lalu kita memasukkan vlog anti-korupsi. Tahun ini inovasi yang kita lakukan untuk refreshment program ACFFest adalah kita membuka kategori untuk video TikTok," kata Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti Korupsi KPK, Dotty Rahmatiasih, Rabu (1/9/2021).

Pemilihan kategori TikTok tersebut menurut Dotty diharapkan bisa efektif untuk menyampaikan pesan anti-korupsi ke masyarakat lebih luas, khususnya remaja.

Selain mengangkat TikTok Anti-korupsi, KPK juga menyediakan tiga kategori lainnya yang turut dilombakan.

Kategori yang dilombakan diantaranya film pendek fiksi/komedi (durasi maksimal 15 menit), film pendek dokumenter (durasi maksimal 15 menit), film pendek animasi (durasi maksimal 15 menit), dan TikTok Anti-korupsi (durasi maksimal 3 menit).

"Kita tidak akan membatasi ide dari partisipan. Justru kita tertarik untuk mengetahui sebenernya persepsi anak-anak muda tentang isu-isu saat ini seperti apa," ujar Dotty.

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan pendaftaran telah dibuka sejak 1 September hingga 31 Oktober 2021. Sementara penerimaan proposal ide dibuka mulai 1 September hingga 30 September 2021.

Nantinya untuk 10 proposal terpilih akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp30 juta, dan berhak mengikuti Movie Camp Online dan mendapatkan pendampingan teknis dari mentor profesional.

Sementara itu batas waktu produksi film hanya diberikan waktu selama dua bulan sejak Oktober hingga November 2021.

Lebih lanjut film-film yang telah selesai diproduksi dan diberi penilaian akan diputar dalam rangkaian ACFFest Screening Day dan malam penganugerahan ACFFest 2021 pada Desember 2021.

Rekomendasi