Para Pengusaha UMKM, Istri Presiden Jokowi Minta Kalian Optimis, Yuk Kabulkan!

| 23 Sep 2021 11:17
Para Pengusaha UMKM, Istri Presiden Jokowi Minta Kalian Optimis, Yuk Kabulkan!
Ibu Negara Iriana Joko Widodo

ERA.id - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah saatnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru Indonesia.

Saat membuka secara daring Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 di Jakarta, Kamis, Iriana mengajak UMKM untuk bertransformasi dengan meningkatkan kapasitas bisnis, menyelenggarakan berbagai pelatihan sumber daya manusia di bidang digitalisasi, jejaring bisnis, dan juga pameran produk UMKM.

“Sudah saatnya UMKM bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru, dengan meningkatkan kapasitas UMKM, menyelenggarakan berbagai pelatihan seperti digtalisasi, bisnis coaching, kemampuan membangun relasi bisnis, dan showcasing produk-produk UMKM,” kata Iriana.

Iriana mengajak para pelaku UMKM untuk tetap optimistis dan bersemangat mengembangkan usahanya dalam masa pandemi COVID-19.

Dengan berbagai kesulitan di saat pandemi, Iriana berharap para pelaku UMKM dapat melahirkan inovasi dan kreativitas agar dapat meningkatkan skala bisnis.

“Kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya, meningkatkan keahlian dari sisi produk desain dan pemasaran agar dapat menjawab selera dari kebutuhan masyarakat, domestik, dan internasional, agar produk-produk UMKM kita semakin dikenal dan diminati,” ujarnya.

Peluang UMKM untuk bertumbuh, kata Iriana, sangat besar dan terbuka luas. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak hingga 270 juta jiwa.

Besarnya jumlah penduduk di Tanah Air mencerminkan potensi pasar yang menjanjikan bagi produk-produk UMKM.

“Ada 270 juta penduduk indonesia yang siap membeli produk-produk berkualitas UMKM indonesia. Di samping itu juga, ada pasar internasional yang peluangnya semakin terbuka luas,” ujarnya.

Ibu Negara mengimbau para pelaku UMKM untuk memanfaatkan sarana prasarana virtual dalam memasarkan produknya. Hal itu dapat membantu para pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Iriana juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga dan membeli produk-produk UMKM Indonesia.

“Semakin banyak membeli, menggunakan produk-produk Indonesia agar UMKM mampu melewati situasi yang berat ini, agar masyarakat yang bekerja di sektor UMKM tetap memperoleh penghasilan,” kata Iriana Jokowi.

Rekomendasi