Komisi I DPR 'Janji' Akan Beri Solusi Persoalan Cyber Bullying Hingga Permasalahan Digital Lainnya

Tim Editor

Ilustrasi gaya hidup digital (Unsplash/Marvin Meyer)

ERA.id - Anggota Komisi I DPR Rizki Sadig mengingatkan masyarakat untuk bijaksana dan cakap digital. Sehingga tak hanya menggunakan internet secara produktif tapi juga berhati-hati.

"Karena di dalam dunia digital itu sangat banyak orang-orangnya juga punya niatan buruk, orang tidak semuanya baik, pedagang-pedagang yang menipu, juga banyak orang-orang yang kemudian menawarkan pinjaman pinjaman online yang menjebak dan kemudian akan mempermalukan kita juga," katanya dalam diskusi daring, Senin (27/9/2021).

Ia mencontohkan juga banyak orang yang punya niat untuk merundung ataupun untuk menghina atau cyber bullying. Ironisnya masyarakat masih belum punya alat untuk membatasi hal tersebut.


"Saya atas nama komisi I DPR RI bersama dengan pemerintah dalam hal ini memang sudah berusaha untuk mencari solusi-solusi terhadap aturan-aturan untuk regulasi untuk membatasi hal itu," katanya.

Menurutnya, kecakapan dan literasi digital harus terus dilakukan untuk menjaga diri sendiri. Sebab digital sulit dihapus.

"Jejak digital itu adalah jejak yang sulit untuk dihapus, yang akan mengiringi semua langkah kehidupan kita sampai dengan masa-masa yang akan datang," katanya.

Tag: penipuan literasi digital Perundungan cyber bullying

Bagikan: