KSPI Bangkitkan Lagi Partai Buruh, Said Iqbal Ketuanya

| 03 Oct 2021 18:10
KSPI Bangkitkan Lagi Partai Buruh, Said Iqbal Ketuanya
Buruh (Dok. KSPI)

ERA.id - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) beserta 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional akan membangkitkan kembali Partai Buruh untuk ikut serta dalam kontestasi pemilu pada 2024 mendatang. Presiden KSPI Said Iqbal menyebut dirinya sementara sebagai calon tunggal yang akan mengisi kursi Presiden Partai Buruh.

"Calon Presiden Partai Buruh sampai hari ini menurut kawan-kawan hanya baru satu orang yang diusulkan bulat oleh 11 organisasi pendiri Partai Buruh yang baru saudara Said Iqbal. Memang mungkin bisa saja nanti sampai dengan nanti kongres ada yang bertambah, tapi bulat sampai hari ini baru satu nama yang disepakati untuk disetujui kongres, yaitu saudara Said Iqbal dari KSPI, presiden KSPI," kata Presiden KSPI, Said Iqbal dalam konferensi pers di kanal YouTube 'Bicaralah Buruh', Minggu (3/10/2021).

Said Iqbal mengklaim deklarasi dan kongres Partai Buruh diinisiasi oleh mayoritas serikat buruh, serikat petani, forum guru, serikat nelayan, dan organisasi gerakan sosial lainnya. Di mana 4 konfederasi terbesar di Indonesia seperti KSPSI (ORI), KSPI (RRI), (K)SBSI, dan KPBI, serta ada 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional yang menjadi inisiator pendirian Partai Buruh ini. Termasuk juga serikat petani terbesar di Indonesia (SPI) dan juga Forum Guru Honorer dan Tenaga Swasta se-Indonesia, dan Gerakan Perempuan Indonesia, serta organsiasi mahasiswa.

Said Iqbal menerangkan kongres Partai Buruh akan digelar dua hari terhitung mulai besok. Sementara untuk deklarasinya akan dilakukan pada hari terakhir kongres partai, yakni pada 5 Oktober di salah satu hotel di Jakarta.

Said Iqbal berharap Partai Buruh lolos verifikasi KPU, termasuk ambang batas parlemen. Dua hal itu, kata Said Iqbal, sebagai wujud awal kebangkitan Partai Buruh.

"Kami harapkan kalau sudah lolos verifikasi KPU, lolos parliamentary threshold, kami tidak muluk-muluk sebagai partai yang mudah-mudahan bisa lolos verifikasi ikut mengikuti pemilu oleh KPU lolos verifikasinya, lolos parliamentary threshold sudah lebih dari cukup untuk tahap awal pembangkitan kembali Partai Buruh," ucapnya.

Rekomendasi