Survei SMRC: Jika Pilpres Digelar Hari Ini Rizieq Shihab Bisa Kalahkan Puan Maharani

| 08 Oct 2021 12:53
Survei SMRC: Jika Pilpres Digelar Hari Ini Rizieq Shihab Bisa Kalahkan Puan Maharani
Habib Rizieq (era.id)

ERA.id - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei terbarunya mengenai calon presiden 2024.

Menariknya, nama mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masuk dalam capres yang dipilih publik jika Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar saat ini.

Dalam survei SMRC, nama Rizieq masuk dalam pilihan capres 2024 semi terbuka 42 nama. Elektabilitas Rizieq sebesar 1,6 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan sejumlah tokoh politik lainnya, salah satunya yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani.

Puan hanya memiliki elektabilitas sebesar 0,8 persen. Cukup jauh di bawah elektabilitas Rizieq.

Elektabilitas Rizieq juga lebih tinggi dibandingkan dengan Wakil Presiden Ma'euf Amin yang hanya mengantongi 1,4 persen saja.

Namun, nama Rizieq tersingkir di pilihan tertutup 15 nama. Nama Puan justru masuk meskipun elektabilitasnya di pilihan ini masih rendah yaitu 1,4 persen.

Untuk diketahui, survei SMRC yang dilakukan 15-21 September 2021. Survei memiliki 1.220 responden yang dipilih secara acak. Margin of error survei itu kurang lebih 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi