Hei, Jokowi Punya Pesan Penting untuk Ditaati: Setop Ekspor Nikel Mentah!

| 13 Oct 2021 12:12
Hei, Jokowi Punya Pesan Penting untuk Ditaati: Setop Ekspor Nikel Mentah!
Presiden Jokowi (Setkab)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan mobil listrik dari Indonesia akan bermunculan pada 2-3 tahun mendatang atau 2023-2024.

Sebabnya adalah karena hilirisasi nikel di dalam negeri yang menghasilkan katoda baterai, besi antikarat dan juga baterai litium, akan dilakukan.

Makanya ia memerintahkan pemangkukepentingan untuk menyetop ekspor nikel mentah dari Indonesia. Hal itu disampaikan dalam Program PPRA LXII dan PPSA XXIII 2021 Lembaga Ketahanan Nasional di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Untuk diketahui, usai nikel diolah, ia bisa menjadi komponen penting dalam struktur industri otomotif, termasuk manufaktur mobil listrik.

Jokowi juga menekankan Indonesia tidak boleh kehilangan kesempatan mendapatkan nilai tambah dari nikel, bauksit, dan tembaga.

“Jangan ekspor lagi yang namanya nikel dalam bentuk raw material, bahan mentah. Setop ekspor bahan mentah,” ujar Presiden Jokowi.

“Nanti diintegrasikan dengan industri otomotif yang kita miliki karena kesempatan yang ada ke depan mobil listrik. Jangan lagi kehilangan kesempatan, jangan lagi ekspor lagi nikel dalam raw material,” ujar Presiden Jokowi.

Rekomendasi